Saturday, April 23, 2011

Browser Super Ringan dan Cepat - K-Meleon


Browser Firefox mungkin masih menjadi browser favorit saya dalam menjelajahi dunia maya karena browser yang satu ini memiliki banyak fasilitas yang berdaya guna melalui extension-extension yang disediakannya dibandingkan dengan browser Opera. Namun demikian dalam hal kecepatan loading awal dan performance kinerjanya, browser Firefox terkenal “sangat rakus memakan” memori. Beruntung jika kita memiliki memori CPU lebih dari 512Mb karena kelambanan browser tersebut tidak begitu terasa.


Iseng2 tadi saya mencari informasi tentang browser yang ringan untuk digunakan di google, dan saya menemukan beberapa browser yang bisa digunakan, tetapi setelah saya teliti dan simpulkan, akhirnya saya jatuhkan pilihan kepada K-Meleon Browser. Apakah teman2 pernah mencobanya??? Hhmmm…. Baru sebentar memakainya saya sudah jatuh hati, karena saya sudah membuka banyak Tab tetapi memory yang dipakai di task manager masih sangat kecil, sangat jauh perbandingannya dengan memory yg di pakai Firefox, Chrome dan Opera.

K-Meleon merupakan “anakan” dari Mozilla yang berbasis Gecko. Browser ini bernama K-Meleon. Nama browser ini sudah mencerminkan kekadal-kadalan yaitu Chameleon, atau jika dialih bahasakan secara tepat ke Bahasa Indonesia menjadi Bunglon. Si Bunglon (K-Meleon) ini sangat berbeda dengan Rubah Api (Firefox) meskipun berasal dari perut Tokek (Gecko) yang sama.

Hal yang saya senangi pada K-Meleon selain kecepatan loading dan kinerjanya adalah keberadaan fasilitas-fasilitas untuk melakukan blocking terhadap elemen konten tertentu, kemudahan melakukan pembersihan data privasi ataupun kemudahan berganti-ganti dari proxy yang satu ke proxy yang lain dengan mudahnya. Ketersediaan fasilitas ini mirip dengan fasilitas di browser Opera.

K-Meleon juga menyediakan fasilitas-fasilitas seperti ads block, flash block dan image block sehingga menghemat besar data yang diakses. Tak kalah dengan Firefox yang memiliki versi portable yang bisa dijalankan di UFD, K-Meleon juga punya versi portable yang bernama Pocket K-Meleon. Dengan begitu tidak ada alasan bagi saya untuk tidak “melirik” browser ini sebagai browser alternatif menjelajahi dunia maya.

Coba deh keringanan dan kecepatan browser yang satu ini. Dijamin kamu bakal puas :D

K-Meleon